Apa Yang Sedang Kamu Lihat
24 August 2011

Tidak biasanya ketika astronom sedang melihat ke angkasa mereka menemukan sepasang mata lain sedang menatap mereka. Itulah yang terjadi kali ini. Tapi bukan mata alien yang sedang menatap mereka. Itu adalah mata sepasang galaksi yang diberi julukan “The Eyes” / "Mata" karena keduanya tampak seperti sepasang bola mata putih yang bersinar di malam hari!

Pada pandangan pertama, kedua galaksi tidak tampak mirip seperti mata. Hal ini karena foto tersebut diambil oleh teleskop bernama Very Large Telescope. Kalau ingin bisa melihat galaksi itu agar tampak seperti sepasang mata, coba perhatikan foto di atas dengan lebih teliti lagi atau akan jauh lebih baik jika kedua galaksi tersebut dilihat dengan teleskop yang lebih kecil. Dan keduanya akan tampak seperti sepasang mata yang sedang menatap dari angkasa!.

Galaksi yang di sebelah kiri pada foto tampak seperti memiliki memar – si mata hitam! Bagian paling gelap dari memar itu merupakan debu dan area berwarna biru merupakan bintang biru yang merupakan bintang muda. Galaksi lainnya tidak memiliki debu atau bintang dan tampak seperti disobek oleh kekuatan yang sangat kuat ketika kedua galaksi berada dekat satu dengan yang lainnya.

Kedua galaki itu akan saling mendekat sampai keduanya menjadi satu. Pada saat mereka bersatu, nama Mata tidak akan cocok lagi. Akan dibutuhkan nama yang baru. Tapi itu masih lama baru terjadi, sehingga masih ada banyak waktu bagi astronom untuk memikirkan nama baru.

Fakta menarik

Galaksi kita, Bima Sakti suatu hari nanti akan bertabrakan dengan galaksi tetangga yang bernama Galaksi Andromeda. Itu akan terjadi 3 -4 milyar tahun lagi.

Notes