Galaksi yang Berlimpah-limpah
21 March 2012

Sekilas foto ini tampak biasa saja, cuma foto beberapa bintang terang dan bintang-bintang redup yang bertaburan. Tapi, bintang-bintang redup itu sejatinya bukanlah bintang-bintang di dalam Galaksi Bima sakti kita. Bintang-bintang itu sebenarnya galaksi-galaksi yang terletak sangat jauh, masing-masing mengandung milyaran bintang!

Teleskop yang berada di balik foto luar biasa ini bernama VISTA dan dipasang di negara Chili, Amerika Selatan. VISTA merupakan teleskop terbesar di dunia yang ditujukan untuk memetakan langit malam. (Astronom menyebutnya 'teleskop survei', karena teleskop semacam itu menyurvei langit malam yang luas untuk mencari obyek.)

Supaya bisa menampakkan galaksi-galaksi yang sangat jauh dan redup ini, VISTA menghabiskan 55 jam untuk mengamati bagian yang sama di langit. Selama rentang waktu itu, cahaya redup yang berasal dari galaksi-galaksi masuk ke dalam kamera teleskop, seperti halnya mengisi ember dengan tetes demi tetes air secara perlahan hingga ember penuh. Dengan mengumpulkan 'tetesan cahaya redup' ini teleskop  menghasilkan citra ratusan ribu galaksi di suatu bagian langit malam yang biasanya tampak gelap dan kosong.

Fakta menarik

Berapa banyak galaksi di foto yang bisa kau lihat? (Klik foto supaya bisa melihatnya secara keseluruhan.) Foto itu memuat lebih dari 200.000 galaksi!

Space Scoop ini disadur dari Press Rilis ESO.

Galaxies Galore!