Bintang yang Tumbuh Pesat
18 December 2017

Pernahkah kamu mengalami pertumbuhan badan yang sangat pesat? Mungkin kamu jadi harus sering ke toko untuk membeli sepatu atau celana karena sepatu lamamu sudah terasa sempit atau celanamu sudah cingkrang?

Pada usia remaja, anak-anak tumbuh pesat hingga setinggi orang dewasa. Rupanya bayi-bayi bintang juga mengalami hal yang sama!

Sebuah bintang muda dan masif telah diamati pada tahun 2008, lalu diamati lagi pada tahun 2015 dan 2016. Dengan membandingkan foto-foto lama dengan yang lebih baru, para astronom mengetahui bahwa bintang itu telah mengalami percepatan pertumbuhan selama beberapa tahun belakangan.

Seperti bintang-bintang belia lainnya, bintang yang satu ini terbungkus dalam selubung gas dan debu sehingga tidak bisa dilihat secara langsung. Namun demikian, para ilmuwan mengamati selubung tersebut dan terkejut saat mengetahui selubung itu telah menjadi lebih terang empat kali lipat. Artinya, bintang di dalamnya pastilah telah menjadi 100 kali lebih terang daripada sebelumnya sampai-sampai selubungnya pun menjadi bertambah terang.

Bagaimana pertumbuhan ekstrem seperti itu bisa terjadi dalam waktu yang singkat?

Para ilmuwan menduga segumpal besar awan gas pastilah telah jatuh ke bayi bintang, seperti air yang jatuh ke dalam lubang wastafel. Gas ini membentuk piringan yang mengitari si bintang. Ketika materi yang terkumpul di piringan telah cukup, piringan itu terhempas ke permukaan bintang bagaikan longsor.

Siapa tahu bintang itu akan mengalami lagi percepatan pertumbuhan beberapa tahun yang akan datang. Untunglah bintang tidak perlu mengenakan sepatu atau celana!

Fakta menarik

Bintang ini merupakan salah satu bintang yang berada di Cat’s Paw Nebula (Nebula Tapak Kucing). Dalam foto-foto astronomis, area pembentukan bintang ini tampak seperti jejak kucing – dan dari situlah nama yang lucu ini berasal.

Cat's Paw Nebula