Polusi Galaksi
14 January 2020

Perubahan iklim serta dampaknya pada lingkungan seperti polusi udara dan lautan menjadi perhatian utama masyarakat di Bumi.

Tapi, polusi lingkungan sudah terjadi di alam semesta sejak jaman dahulu. Dan dalam penelitian kali ini, para ilmuwan berhasil menemukan polusi paling awal yang terjadi di Alam Semesta.

Para astronom menemukan awan raksasa gas karbon yang membentang lebih dari 30.000 tahun cahaya di sekeliling galaksi muda, sekitar 1 miliar tahun setelah Dentuman Besar.

Di Bumi, gas karbon termasuk polutan yang berbahaya bagi lingkungan. Akan tetapi, di luar angkasa, gas karbon merupakan elemen penting untuk pembentukan bintang-bintang dan galaksi awal di Alam Semesta.

Elemen seperti karbon dan oksigen masih belum ada saat Alam Semesta dini setelah terjadinya Dentuman Besar. Keduanya baru terbentuk setelah itu di dalam inti bintang dan kemudian disebar ke seluruh Alam Semesta. Dalam penelitian ini, para astronom mengamati tanda pertama dari penyebaran gas karbon di Alam Semesta.

Fakta menarik

Seluruh karbon di alam semesta dibuat di dalam bintang. Karbon mengisi sebagian besar kehidupan kita. Mulai dari karbon dioksida di udara sampai ke makanan yang kita makan. Dan hampir seperlima tibuh kita terbuat dari karbon!

A Young Galaxy Surrounded by a Cloud of Carbon Gas